Mengenal apa yang dimaksud dengan Ransomware Wannaycry

Apa itu Ransomware Wannacry ?





WannaCry adalah sebuah Ransomware yang diciptakan oleh para hacker, yang menyerang komputer melalui celah keamanan. Komputer yang terinfeksi malware atau ransomware tersebut datanya akan dicuri dan dikunci. Setiap dokumen yang terkunci oleh piranti lunak ini hanya bisa di akses dengan cara memasukkan kode unik yang hanya dimiliki penyebarnya. Komputer yang terinfeksi malware, akan muncul tampilan berwarna merah yang memiliki pesan dimana pengguna diharuskan untuk mengirimkan uang sejumlah 300 USD.

Untuk membuka akses dari dokumen yang terkunci, si penyebar ransomware biasanya meminta uang tebusan kepada korbannya dalam bentuk bitcoin. Jika korban tidak membayar, maka penjahat siber ini mengancam akan menghapus dokumennya.

Bagaimana Ransomware menginfeksi ?

Ransomware bisa menyerang komputer siapa saja dan bisa datang dari kegiatan saat kita sedang berselancar di dunia maya, seperti melalui link-link "jebakan" baik yang tersebar di beragam situs atau juga melalui spam yang masuk lewat email. apabila pengguna mengklik link tersebut, maka malware akan terunduh dan mulai bekerja. data yang ada pada komputer akan dicuri, kemudian diubah dalam bentuk enkripsi sehingga tidak dapat lagi dibuka oleh pengguna. Setelah itu, penyerang akan mengirimkan pesan untuk meminta tebusan bila pengguna ingin datanya dikembalikan.










Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KASUS SERANGAN VIRUS RANSOMWARE WANNACRY YANG MENGGEMPARKAN DUNIA

Tipe Ransomware

Biodata Anggota Kelompok EPTIK